Pengobatan Kista Endometriosis


Penyakit kista endomteriosis adalah kista ataupun jaringan yang harus berada  di dalam rahim dan kemudian tumbuh ditemoat lain seperti saluran telur atauu ovarium. Penyakit kista ini merupakan salah satu penyakit tumor jinak yang bentuknya abnormal dengan cairan di dalamnya  atauu setengah cairan yang tumbuh di dalam ndung telur atau ovarium. Tumbuhnya kista ini bisa membuar siklus menstruasi menjadi terganggu dan juga tingkat dari kesuburan menjadi terganggu. Gejala lain yang dirasakan adalah sakit yang luar biasa. Biasanya masalah kista ovarium ini tidak bersifat dan berubah menjadi kanker. Pengobatan kista endomteriosis biasanya dilakukan dengan cara  mengangkatnnya. Pengangkatan ini dilakukan dengan cara dioperasi.

Pengobatan kista endometriosis dilakukan dengan mengangkat kista  jika kista besarnya lebih dari 4 cm. Dan jika sudah lebih dari 4 cm maka aka nada resiko untuk terpuntir. Untuk melakukan pengecekan ukurannya bisa dilakukan pemeriksaan USG saat menstruasi. Pengobatan kista endomteriosis juga bisa dilakukan dengan cara alami. 

Salah satu cara mengatasi endometriosis adalah dengan mengonsumsi buah tomat. Kandungan zat yang berwarna seperti likopen dalam tomat bisa membantu untuk mengurangi aktivitas sel kista hingga mencapai 90%. Selain itu juga, buah tomat bisa membantu untuk memulihkan bekas luka dari operasinya dan bisa membantu mengurangi aktivitas dari sel tumor jinak serta bisa membantu terjadinya penuaan dini.

Pencegahan sekaligus pengobatan kista endometriosis adalah :
  1. Melakukan olahraga yang cukup
  2. Menerapkan pola hidup yang sehat
  3. Untuk pasangan yang sudah menikah cobalah untuk berencana mempunyai anak lebih cepat karena hal ini bisa mencegah terjadinya pembentukan kista.
  4. Periksalah diri ke dokter

Dalam hal psikologis, hal yang perlu dilakukan untuk mengatasi kepanikan Anda karena menderita peyakit ini adalah dengan cara menerima kondisi Anda  yang sedang tidak baik karena  nyeri endometriosisnya, maka Anda kemudian akan lebih  santai dalam mengendalikannya. Tariklah napas panjang dalam perlahan-lahan dan kemudian keluarkanlah dengan embusan perasaan yang lega  secara perlahan-lahan juga. Kemudian usaplah bagian yang sakit dengan lembut untuk menghibur diri Anda sendiri, dan kemudian emosi  Anda akan tanang dan nyeri itu juga akan berkurang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar